Kenali 5 Tanda laptop Terinfeksi Virus dan Cara Tepat Mencegahnya

Pernahkah Anda mengalami penurunan performa laptop padahal laptop yang digunakan baru beberapa minggu dibeli. Bisa jadi hal ini terjadi karena adanya virus atau malware yang menyerang laptop Anda.

Virus atau malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat menyerang kerusakan pada sistem laptop, mencuri dokumen sensitif, hingga dapat mengganggu kinerja laptop Anda.

Untuk menghindari kerusakan sistem yang lebih parah, sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri laptop yang tekena virus.

Dalam artikel ini, akan membahas lima tanda yang menunjukkan laptop Anda terinfeksi virus dan bagaimana cara yang tepat untuk mencegahnya

Tanda-tanda Laptop Terinveksi Virus Yang Harus Diketahui

Ciri-ciri Laptop Terinfeksi Virus

Berikut ini ciri-ciri laptop yang terkena virus

1. Kinerja laptop menurun

Jika laptop yang biasanya berjalan dengan lancar tiba-tiba menjadi lambat dan tidak responsif, ini merupakan salah satu indikasi laptop terinfeksi virus. 

Hal tersebut disebabkan oleh virus yang menyebar ke seluruh bagian komputer dan menggunakan sebagian besar memori dan RAM. 

Jika tidak segera diatasi, virus juga dapat memperlambat koneksi laptop Anda. Tidak hanya itu, laptop juga bisa menghasilkan panas yang berlebihan karena kinerja CPU yang berlebihan.

2. Munculnya pop-up iklan yang mencurigakan

Pop-up yang muncul secara terus menerus dan tanpa alasan yang jelas adalah tanda lain infeksi virus.

Jangan pernah untuk mengklik pop-up tersebut, karena dapat mengarahkan Anda ke situs berbahaya atau bahkan mengunduh lebih banyak malware dan dapat memberikan keuntungan kepada pembuat virus karena akan mendapatkan keuntungan finansial.

3. File yang hilang dan rusak

Jika file laptop Anda tiba-tiba hilang atau menjadi tidak dapat diakses, ini bisa jadi tanda adanya virus yang telah mengenkripsi data Anda. 

Biasanya, virus jenis ini meminta tebusan (ransom) untuk mengembalikan akses Anda ke file-file tersebut atau anda bisa melakukan proses restore laptop secara total.

4. Munculnya file-file aneh

Virus dapat menyebabkan munculnya file-file aneh atau tidak dikenal di dalam sistem komputer. Jika laptop Anda ditemukan file-file yang memiliki ekstensi seperti .exe, .conf, atau format lainnya yang terlihat tidak lazim.

5. Munculnya pesan error yang tidak biasa

Virus juga mengakibatkan munculnya pesan error yang tidak biasa atau tidak lazim pada layar laptop Anda. 

Pesan-pesan ini mungkin berisi ancaman palsu atau petunjuk untuk melakukan tindakan tertentu yang pada akhirnya akan merugikan pengguna.

Cara Mengecah Laptop yang Terinfeksi Virus

Ada beberapa hal agar laptop terhindari dari serangan virus, antara lain:

1. Menggunakan software yang asli

Disarankan bagi Anda menggunakan perangkat lunak yang asli dan menghindari perangkat lunak bajakan. Perangkat lunak semacam ini tidak hanya illegal, tetapi juga dapat mengandung virus atau malware yang lebih berbahaya.

Pastikan anda mendapatkan perangkat lunak dari sumber yang sah, seperti situs web resmi penyedia antivirus atau toko aplikasi terpercaya.

2. Memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak

Pastikan perangkat lunak antivirus dan sistem operasi Anda selalu diperbarui secara rutin untuk melawan serangan virus terbaru.

Pembaruan akan memiliki keamanan yang dapat melindungi laptop Anda.

3. Menghindari mengklik tautan yang mencurigakan

Jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan baik itu melalui email, pesan instan, atau situs web yang tidak percaya.

Pastikan untuk selalu memeriksa alamat URL sebelum mengakses situs web dan gunakan komponen tambahan atau plugin keamanan yang dapat membantu mencegah serangan virus.

4. Memback-up data secara teratur

Lakukan backup data penting secara teratur dan berkala ke penyimpanan eksternal dan cloud. Jika terjadi infeksi virus yang parah, tentunya Anda memiliki cadangan data yang aman.

5. Waspada menggunakan perangkat penyimpanan eksternal

Ketika laptop Anda akan dicolokkan perangkat eksternal seperti hard drive atau flash drive, pastikan untuk memeriksa perangkat tersebut bebas dari virus sehingga aman saat terjadinya proses transfer data.

Itu adalah beberapa tanda laptop yang terinfeksi virus dan bagaimana cara mengecahnya.

Dengan mengenali tanda-tanda infeksi dan mengikuti langkah-langkah pencegahannya yang tepat, Anda dapat menjaga data dan kinerja laptop Anda tetap Aman. 

Percayakan Proses Instalasi Software di Jasa IT Terpercaya Graha Karya Informasi

Di era digital yang berkembang pesat, instalasi software menjadi fondasi penting dalam menjalankan berbagai aktivitas.

Dari kebutuhan pribadi hingga bisnis, proses ini memiliki peran krusial dalam memastikan segala hal berjalan dengan lancar dan efisien. 

Dengan menggunakan jasa IT Graha Karya Informasi, kami menjamin proses instalasi Anda menggunakan perangkat lunak yang aman dan original sehingga Anda dapat menikmati performa optimal sistem Anda.

Yuk, percayakan proses instalasi software di Jasa IT terpercaya Graha Karya Informasi melalui:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082

Untuk bisa membaca lebih banyak artikel yang membahas mengenai Jasa IT lainnya dengan klik disini!